Tutorial Linux Part 2: Bash Scripting[1], Mencetak dan Membaca input

                Selamat malam teman – teman, jumpa lagi dalam Tutorial Linux yang kedua. Tutorial Linux kali ini akan mengupas hal lebih lanjut yang dapat dilakukan oleh Terminal Linux, yang tidak lain adalah BASH(Bourne-Again-Shell) scripting. Bash script adalah salah satu varian shell yang paling sering digunakan pada Linux. Bash sering digunakan karena fiturnya yang banyak dan portabilitasnya yang tinggi. Nah, untuk awal dari tutorial Bash ini saya akan mengenalkan fitur dasarnya terlebih dahulu. Yaitu membaca input dan mencetak pada terminal. Tapi sebelum itu yang perlu diketahui file bash script disimpan dengan ekstensi “.sh”  , kemudian jika kita ingin menjalankannya kita harus mengubah permissionnya terlebih dahulu yaitu dengan cara “chmod +x [namafile.sh] . Kemudian kita dapat menjalankannya. Berikut cara – caranya :


A.      Membaca Input
Salah satu hal paling penting dalam setiap pemrograman adalah bagaimana kita bisa membaca input dari user. Sebelum kita mengetahui cara membaca input, yang pertama harus kita lakukan pastinya adalah deklarasi variabel. Nah, dalam bash scripting ini kita dapat langsung meng-input saat kita deklarasi variabel. Contohnya

Nah disitu kita dapat langsung meng-input data. Kemudian kita akan mengecek apakah data kita memang tersimpan dengan benar atau tidak, dengan cara mencetakknya kembali. Oleh karena itu kita lanjut pada bahasan selanjutnya.
B.      Mencetak data
Cara mencetak sebuah data atau string juga adalah hal yang penting. Oleh karena itu disini kita akan membahasnya terlebih dahulu. JIka kita ingin mengeprint sebuah kalimat kita tinggal memasukkan command echo, kemudian kita tambahkan hal yang ingin kita tampilkan di belakangnya. Berikut contohnya :

Setelah kita simpan file bash tersebut, kemudian jika kita jalankan akan muncul seperti ini

Kemudian jika kita ingin mencetak data yang telah kita input, kita tinggal menambahkan nama variabel di belakang echo. Seperti berikut

Jika jalankan scriptnya dan memasukkan input, maka kita akan menghasilkan tampilan seperti ini.

Sekian dulu, `tutorial linux mengenai bash scripting kali ini. Semoga secuil pengetahuan tadi dapat memberi banyak manfaat bagi kawan – kawan sekalian. Terima kasih, and See you next time!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar