Tutorial Linux Part 3: Process

                Selamat berjumpa kembali kawan – kawan sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan dua hal yang tidak kalah penting dari materi sebelumnya, yaitu process. Process adalah sebuah program atau aplikasi yang sedang dieksekusi di alamat virtual. Process sendiri ada bermacam – macam jenis yaitu :
1.       Parent Process
Parent process ini seperti namanya sendiri yaitu parent, yang artinya orang tua, atau bisa memiliki . Anak atau Child. Maka parent process ini adalah sebuah proses yang menciptakan beberapa anak proses. Process ini dibuat dengan pemanggilan fork(), yang kemudian process hasil dari pemanggilan fork() tersebut memiliki beberapa anak process.  Cara pembuatan forking parent tersebut adalah sebagai berikut.


2.       Child Process
              Child process ini seperti namanya juga adalah anak process yang tercipta dari parent” process yang telah ada. Setiap process dapat membuat banyak child process. Akan, tetapi sebuah setiap child process hanya dapat memiliki satu parent process. Child process mewarisi hampir semua atribut dari parent process. Terkadang jika sebuah process tidak memiliki parent, dapat diasumsikan jika process tersebut dibuat langsung oleh kernel. Dalam system seperti Unix dan Linux, process pertama, “init”, dibuat oleh kernel pada waktu booting dan tidak akan dihentikan selama sistem berjalan. Berikut cara pembuatan child process.
                

3.       Zombie Process
              Zombie process adalah process yang berada dalam keadaan dihentikan. Process ini biasanya terjadi dalam program yang memiliki fungsi parent-child. Zombie process ini terjadi bila sebuah process telah selesai menyelesaikan pekerjaannya. Kemudian process ini akan mengirim status exit pada parentnya, dan menunggu parentnya menerima pesan tersebut, nah waktu jeda dimana child process mengirim pesan itu dan parent menerimanya, adalah saat process itu disebut zombie process.

4.       Orphan Process
              Orphan process adalah child process yang masih berjalan ketika parent processnya telah dihentikan atau berhenti berjalan.  Ketika sebuah child process terbentuk, process ini akan sesegera mungkin diadopsi oleh parent process baru, yaitu init process.

Demikian sekian tutorial pembuatan Daemon, semoga apa yang saya tulis disini dapat memberi banyak manfaat bagi teman – teman sekalian. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar